Sejarah Learning Management System

A Girl Learning Through Online Learning Management System

Learning Management System adalah sistem pembelajaran dan pelatihan berbasis internet. LMS juga menyangkut dokumentasi hingga administrasi belajar mengajar. inilah sejarah tentangnya.

Awal perkembangan

Perkembangan LMS memang seiring dengan berkembangnya komputer yang mampu menghadirkan fitur aplikasi berbasis web. Perkembangan komputer seakan menjadi begitu pesat saat pertama kali ditemukannya www atau world wide web. Dan hingga penemuan sistem cloud membuat perkembangannya menjadi semakin tak terbendung hingga kini.

Sekitar 1990 an Soft Arc merilis First Class yang diklaim sebagai Learning Management System paling pertama dan tertua di dunia, dan sistem ini dikatakan juga masih ada hingga kini. Sistem First Class dapat berjalan pada komputer sehingga para penggunanya dapat menggunakan berbagai macam layanannya dengan cukup mudah. First Class dapat mendukung fitur seperti forum umum hingga private e-mail sehingga memungkinkan penggunanya yaitu siswa dapat menanyakan tentang berbagai macam teori yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Pada tahap selanjutnya yaitu sekitar 1996 diluncurkan Cecil yang merupakan sebuah LMS berbasis aplikasi web pertama di dunia. Hingga pada tahun 2002 muncul kembali generasi baru yang lebih mutakhir yaitu Moodle yang merupakan LMS dengan basis open source dan menjadi yang paling tren pada saat itu. Hebatnya pengguna pada masa itu sudah dapat langsung belajar dari aplikasi itu hanya dengan mendownloadnya di komputer masing masing.

Era Modern

Cikal bakal LMS modern adalah Eucalptus yang diklaim pada saat itu merupakan Learning Management System paling pertama di dunia yang berbasis cloud. Sistem ini mampu menyimpan berbagai macam info info dan dijalankan menggunakan internet. Dengan adanya penemuan ini maka LMS sudah tidak lagi memerlukan jaringan atau server internal guna menjalankan berbagai macam aktivitasnya.  Sistem Learning Management System ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 dan terus berkembang hingga kini.

Kesimpulan

Learning Management System memang mampu membuat jalannya proses belajar mengajar hingga pelatihan dapat berjalan tanpa adanya kelas yang terbatas dalam ruang dan waktu. Potensi perkembangan teknologi ini dikatakan masih dapat berkembang lebih luas dan penggunaan Learning Management System harus digunakan secara bijaksana dan seksama mungkin. Sehingga kemajuan teknologi bukan menjadi bumerang bagi peradaban dunia ini melainkan memberikan kesejahteraan bagi dunia ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *