Genset Dan Jenis Genset Menurut Dari Arus Listrik Yang Di Peroleh

Jual Genset Di Rumah

Genset – Biasanya genset ini telah banyak digunakan di rumah – rumah pribadi. Dulunya genset digunakan bagi penunjang listrik di suatu gedung ataupun sebuah perumahan yang membutuhkan tenaga listrik yang banyak. Nah, mungkin masih banyak yang tidak mengetahui apa sih sebenarnya genset itu sendiri dan juga pembagian genset menurut jenis listrik yang di dapatkan. Di artikel ini akan membantu Anda memberikan informasi yang berguna bagi para pembaca. Yuk mari simak penjelasannya dibawah ini sebagai berikut.

Apa sih Genset itu ?

Genset merupakan singkatan dari generator set yang berartikan sebagai salah satu mesin dan perangkat yang di lengkapi dari pembangkit listrik atau generator dengan adanya mesin yang membuatnya bergerak menjadi satu kesatuan yang menghasilkan suatu tenaga listrik dengan bobot besar yang tertentu. Mesin pembangkit yang digunakan pada generator ini menggunakan mesin motor yang biasanya bekerja pada pembakaran internal ataupun dapat menggunakan mesin diesel yang bekerja dengan tenaga bantuan dari bahan bakar bensin maupun bahan bakar diesel atau solar. Genset ini atau generator merupakan suatu alat pembangkit listrik yang dapat mengubah sebuah energi gerak ke dalam energi listrik dengan menggunakan sebuah prinsip generator. Pada genset tersebut mempunyai 2 bagian utama yang sangat dibutuhkan yaitu berupa sator merupakan bagian dalam yang diam dan rotor merupakan bagian yang bergeraknya. Rotor yang dikatakan diatas tadi akan berhubungan secara langsung dengan generator listrik dan akan langsung berputar pada pusat sator tersebut. Jika dilihat dari jenis arus listrik yang telah di hasilkan, maka generator tersebut dibagi kedalam 2 jenis yaitu generator listrik altenator ( ac ) serta generator listrik dinamo ( dc ). Sekarang sebelum Anda berangkat ke tempat jual genset, ada baiknya Anda mengetahui apa sih kedua genset di atas ini.

Jenis Genset Menurut Arus Listrik Yang Di Peroleh

Diatas telah disebutkan bahwa terdapat 2 genset yang tergolong ke dalam jenis genset berdasarkan arus listrik yaitu generator listrik altenator ( ac ) dan juga generator listrik dinamo (dc). Nah, sekarang akan dijelaskan sedikit mengenai genset tersebut.

  1. Generator Listrik Altenator ( ac )

Kutub – kutub yang berada di genset ini saling berlawanan yang dihadapkan untuk menghasilkan medan magnet tertentu. Sifat dari arus listriknya itu seperti gelombang yang saling berbolak balik. Amplitudo pada genset ini yaitu bergantung dengan jumlah lilitan kawatnya, kuatnya medan magnet, frekuensi gelombang yang setara dan luasan penampang dari kumparan.

  1. Generator Listrik Dinamo ( dc )

Sebenarnya cara kerjanya hampir sama dengan genset diatas tetapi yang membedakannya yaitu terletak pada penggunaan komutator atau sering disebut juga cincin belah pada outputnya tersebut. Komutator inilah yang akan menghasilkan listrik induksi walaupun menggunakan arus listrik ac tetapi kumparannya tetap menggunakan rangkaian dari dc.

Semoga bermanfaat ya informasi mengenai genset ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *