Kekurangan dari Bahan Baja Ringan sebagai Atap Metal Bangunan

Atap metal bangunan

Untuk kelebihan atap metal baja ringan kita sudah bahas di artikel sebelumnya. Untuk artikel ini kami akan memberitahukan mengenai beberapa kekurangan yang dimiliki oleh baja ringan ketika digunakan sebagai atap apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Terkait suara

Baja ringan merupakan bahan yang banyak digunakan untuk membuat atap belakangan ini, baik rangkanya maupun untuk penutupnya. Hal ini disebabkan karena bahan ini memang memiliki banyak sekali kelebihan. Sayangnya ketika anda menggunakan bahan baja ringan ini untuk atap, masalah suara di dalam rumah. Seperti yang kita tahu, metal merupakan benda yang mudah sekali menghasilkan suara apalagi metal dalam bentuk yang tipis seperti baja ringan. Hal ini menyebabkan suara kecil saja dapat menjadi suara yang kencang didalam ruangan yang menggunakan atap baja ringan ini.

Hal ini merupakan salah satu kekurangan yang dimiliki oleh atap metal baja ringan. Meski begitu anda tidak perlu khawatir karena hal ini bisa dengan mudah di atasi.  Untuk mengurangi suara gaduh yang muncul ketika ada benda yang menyentuh atap dari baja ringan maka anda hanya perlu melakukan kontrol dengan memberikan peredam suara. Saat ini sudah ada banyak sekali sistem peredam suara untuk atap dengan bahan metal yang bisa anda temukan. Jadi tidak perlu ragu untuk menggunakan bahan baja ringan untuk atap.

Masalah maintenance

Salah satu hal kekurangan yang dimiliki oleh atap baja ringan adalah masalah maintenance. Untuk mendapatkan tampilan yang menarik dari baja ringan maka banyak perusahaan yang melapisi baja ringan dengan menggunakan cat supaya bisa menghasilkan atap yang warna-warni. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dibanding dengan atap dari bahan tanah liat. Akan tetapi hal ini juga dapat mendatangkan kekurangan untuk anda.

Kekurangan dari masalah ini adalah cat yang menempel pada baja ringan bisa saja mengelupas. Mungkin pengelupasan bisa terjadi dalam waktu lebih dari 10 tahun. Akan tetapi untuk mengatasi hal ini maka diperlukan tindakan untuk pencegahan. Pencegahan yang diperlukan ini terkait dengan masalah maintenance bukan? Oleh karena itu salah satu kekurangan dari atap metal dari bahan baja ringan ini adalah masalah maintenancenya yang lebih repot.

Masalah pengerjaan

Hal lain yang membuat penggunaan atap dari bahan baja ringan cukup menyulitkan adalah dari hal pemasangannya. Sesungguhnya atap dari bahan baja ringan memiliki waktu pemasangan yang lebih singkat dibandingkan dengan pemasangan atap dari bahan lainnya. Hal ini disebabkan karena bahan ini memang lebih ringan dan tidak mudah rusak. Sayangnya untuk melakukan pemasangan diperlukan perencanaan yang sangat teliti. Kekurang telitian pada saat perencanaan dapat menyebabkan cacat pada pemasangan yang pada akhirnya menyebabkan atap baja ringan menjadi bocor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *