Beberapa hal tentang Digital Print

Hal tentang Digital Printing

Digital print adalah teknologi cetak gambar secara langsung pada berbagai media dari sumber digital yang umumnya berasal dari komputer. Ada bermacam-macam teknologi digital printing, namun pada dasarnya ada dua jenis cetak digital yakni cetak digital dengan tinta basah atau tinta kering. Untuk cetak dengan tinta kering umumnya menggunakan jenis mesin printer merk Kodak Nexpress, Fuji Xerox, Ricoh, Canon, Lanier, dan Konica Minolta. Sedangkan untuk jenis cetak basah menggunakan merk printer HP Indigo 3550, 5600, 7600 dan 10000 models.

Kertas yang digunakan dalam digital print sebaiknya menggunakan kertas yang secara digital mendapatkan sertifikasi khusus oleh merk-merk printer diatas. Hal ini dimaksudkan agar dapat diperoleh gambar yang berkualitas serta printer tetap awet digunakan selama bertahun-tahun. Karena kertas dengan kualitas yang buruk dapat menimbulkan residu kecil pada kisi-kisi printer yang susah dibersihkan. Selain itu menggunakan kertas yang tersertifikasi akan menghemat penggunaan tinta printer, sehingga biaya tinta dapat dihemat penggunaannya.

Hasil yang diperoleh dari cetak digital tidak kalah bagus dengan hasil cetak offset. Bahkan jika sumber gambar yang digunakan memiliki resolusi yang besar serta kertas dan printer yang digunakan berkualitas, tak jarang hasil gambar yang diperoleh justru lebih tajam dibandingkan cetak offset. Selain itu proses cetak digital lebih sederhana dibandingkan cetak offset, karena tidak perlu pembuatan plat, grafir plat, pencampuran tinta dan lain sebagainya.

Dibandingkan cetak offset, digital print tidak memerlukan biaya untuk persiapan awal (set-up costs) serta tidak ada jumlah minimum yang harus dipenuhi seperti offset print. Beberapa mesin digital bahkan mampu menyelesaikan proses binding seperti saddle stitch, perfect bound, ataupun wire binding, sehingga waktu pencetakan menjadi lebih cepat dan biaya cetak menjadi jauh lebih hemat. Digital print sangat ideal digunakan untuk kebutuhan cetak dengan jumlah sedikit namun desain yang beragam.

Perubahan pada desain gambar pun lebih dinamis dan lebih beragam. Sehingga media yang dicetak dengan metode digital print biasanya lebih bervariasi dan terasa lebih personal. Bahkan ada beberapa orang yang memanfaatkan kemampuan digital print tersebut dengan membuat promosi yang berbeda-beda di setiap toko. Promosi dengan desain yang beragam tentu akan menarik bagi pasar. Berikut adalah alternatif bagi Anda yang mencari tempat percetakan digital printing di Jakarta.

Beberapa mesin digital seperti HP indigo memiliki kemampuan cetak khusus seperti tinta putih, warna Pantone PMS yang spesial, tinta UV merah yang invisible dan berfluoresensi di bawah sinar ultraviolet, efek glossy dan emboss. Selain itu digital print dikenal ramah lingkungan dan tidak meninggalkan banyak sampah yang merusak lingkungan seperti plat besi, cairan kimia untuk mencetak foto dan lain sebagainya. Proses offset printing biasanya menghabiskan banyak bahan kimia dan air untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Sangat berbeda dengan digital print yang mana proses pengaturan warna dapat dilakukan secara digital sebelum gambar di cetak pada media yang diinginkan. Sehingga tidak menghasilkan banyak waste seperti tinta, media cetak (plastik, kaca, keramik, kain dan lain-lain) untuk mencapai warna yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *