Tips Perawatan Mesin Generator Listrik Diesel

harga generator listrik

Tak jauh berbeda dari unit perkakas yang lainnya, biasanya mesin generator diesel memerlukan perawatan yang benar supaya bisa bekerja secara optimal dalam durasi yang panjang dan terus menerus. Harga generator listrik diesel bisa bervariasi. Untuk melakukan perawatan mesin diesel ini, diperlukan beberapa tips berikut ini :

  1. Melakukan Pengecekan Secara Rutin Pada Mesin

Mesin penggerak yang berbahan diesel ini bekerja pada tekanan kuat akibat beban listrik yang diperlukan. Pengecekan secara rutin ini penting sekali untuk pengontrolan kondisi mesin, dengan memberikan pelumasan untuk mencegah oksidasi pada bagian listrik dan pemakaian bahan bakar yang tepat supaya mesin dapat bekerja dengan optimal. Pengecekan mesin dilakukan untuk memastikan apakah mesin generator yang sedang bekerja tak akan mengalami masalah atau tidak untuk mencegah terjadinya kegagalan sistem. Anda dapat berkonsultasi hal tersebut beserta harga generator listrik dengan agen penjualnya.

  1. Melakukan Pengujian Baterai

Mengetahui status pada baterai penting sekali untuk menghindari terjadinya masalah teknis saat melakukan start. Adapun upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan komponen baterai, Anda pastikan baterai selalu terisi penuh. Selain itu, elemen lainnya yang tak kalah penting dari pemeliharaan baterai ialah menjaga agar baterai tersebut tetap bersih.

  1. Sistem Bahan Bakar

Ketika mesin generator tidak sedang digunakan, sebaiknya filter pada bahan bakar dikeringkan terlebih dulu. Tujuannya untuk mencegah kemungkinan debu dan uap air mengendap pada saluran bahan bakar. Anda bisa melakukan pengurasan tangki  bahan bakar setiap 6-12 bulan agar tidak terkontaminasi dengan bahan lainnya. Pakai bahan bakar yang berkualitas seperti biodiesel yang ramah lingkungan dan tidak kotor. Ancaman pemakaian solar terkontaminasi bisa memperpendek usia pemakaian diesel Anda. Tentunya Anda tidak ingin menyia-nyiakan harga generator listrik yang mahal jika genset terseebut nantinya cepat rusak.

  1. Sistem Pendinginan Pada Mesin

Sistem pendinginan pada mesin juga harus dilakukan perawatan, selain pada radiator perhatikan pula lingkungan ruang sebagai tempat mesin diletakkan. Alangkah baiknya Anda meletakkannya di ruangan yang cukup luas sehingga bisa mendapatkan sirkulasi udara secara optimal supaya pendinginan alami dapat terjadi. Saat mesin dimatikan sebaiknya buka tutup radiator dengan tujuan mempercepat proses pendinginan pada mesin. Sistem saluran pendingin mesin ini harus dibersihkan dan diperiksa dari segala macam hambatan, seperti debu atau kotoran.

  1. Penggantian Oli Dengan Berkala

Mesin penggerak memang tak pernah luput dari oli mesin atau sistem pelumasan yang wajib diperiksa saat generator sedang dimatikan atau tidak bekerja. Tak hanya filter dan oli yang wajib dilakukan penggantian secara teratur dalam jangka waktu tertentu melainkan juga seluruh saluran mesin harus diperiksa dengan berkala. Jangan lupa pertimbangkan saluran pembuangan (knalpot) agar tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar.

  1. Pemeriksaan Umum Ketika Mesin Sedang Beroperasi

Ketika mesin generator sedang bekerja, Anda harus memantau sistem bahan bakar, listrik DC, dan sistem pembuangan pada mesin. Jika terlihat ada indikasi terjadinya kebocoran, sebaiknya perbaiki segera tanpa menunda-nunda. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah dari hal-hal yang tak diinginkan. Harga dari generator listrik juga tentunya harus Anda pikirkan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *